Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senyawa Hidrokarbon Kimia Kelas Xi !!


Senyawa Hidrokarbon: Materi Kimia Kelas 11 - Zenius Blog

Senyawa hidrokarbon pada karoten dalam wortel. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, seorang ahli kimia pada abad ke-19 mengklasifikasikan hidrokarbon menjadi dua, yaitu hidrokarbon alifatik dan aromatik. Hidrokarbon alifatik merupakan senyawa hidrokarbon yang diperoleh dari lemak atau minyak. Waktunya tunjukin kemampuan lo dan amanin posisi di Top 5 ZenCore Leaderboard Verbal Logic! Ada hadiah total hingga miliaran rupiah menanti!

Sekarang waktunya buktiin kemampuan lo buat jadi ZenCore Legend dan jadi bagian Top 10 di ZenCore Leaderboard Agustus untuk menangin hadiah total hingga miliaran rupiah!

Hanya di Mulai Dari Misi Agustusan, Guru dapat membuat kelas dan mengajak siswa bermain ZenCore. Raih skor kelas tertinggi dan dapatkan hadiah spesial!

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari jawaban soal matematika!

Hi, guys! Kamu pernah gak mengamati bahan bakar dan bahan mentah seperti minyak bumi, gas alam, plastik, karet, pelarut, bahan kimia industri, bahkan bahan peledak? Kira-kira apa sih persamaan dari bahan-bahan tersebut? Yap, persamaannya terletak pada struktur kimianya, yaitu sama-sama tersusun dari atom karbon dan hidrogen yang disebut dengan senyawa hidrokarbon.

Di artikel kali ini, aku bakal mengajak kamu untuk mengenal senyawa hidrokarbon. Mulai dari pengertiannya, hingga aplikasinya terhadap kehidupan kita.

Hidrokarbon itu apa sih? Hidrokarbon adalah komponen kimia organik yang tersusun atas atom karbon (C) dan hidrogen (H). Atom karbon bergabung untuk membentuk suatu kerangka senyawa, kemudian atom hidrogen menempel dalam berbagai konfigurasi yang berbeda, seperti ini komponen keduanya: CxHy.

Selain contoh-contoh hidrokarbon yang telah disebutkan di pendahuluan, ada juga lho contoh senyawa hidrokarbon yang terdapat pada pohon atau tumbuhan. Misalnya struktur kimia yang terdapat pada karoten dalam wortel dan daun hijau. Kamu bisa lihat struktur karoten berikut ini.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, seorang ahli kimia pada abad ke-19 mengklasifikasikan hidrokarbon menjadi dua, yaitu hidrokarbon alifatik dan aromatik. Hidrokarbon alifatik merupakan senyawa hidrokarbon yang diperoleh dari lemak atau minyak. Sedangkan, hidrokarbon aromatik merupakan senyawa hidrokarbon yang diperoleh dari ekstrak tumbuhan yang menghasilkan bau harum. Hidrokarbon aromatik memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik.

Senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi tiga, yaitu alkana, alkena, dan alkuna. Ketiganya dibedakan berdasarkan ikatan yang dikandungnya. Nah, di sini akan dibahas ketiga jenis senyawa tersebut.

Alkana adalah jenis hidrokarbon alifatik yang semua ikatannya tunggal. Contohnya adalah metana (CH4), etana (C2H6), dan propana (C3H8). Yap, dari ketiga contoh senyawa tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa penggalan akhir dari senyawa Alkana adalah –ana. Rumus umum Alkana adalah, sbb:

Alkena biasa juga disebut sebagai olefin adalah jenis hidrokarbon yang memiliki dua rangkap ikatan. Alkena dan alkuna masuk ke dalam hidrokarbon alifatik tak jenuh.  Penggalan akhir dari senyawa Alkena adalah –ena. Rumus umumnya adalah, sbb:

Alkuna atau biasa disebut asetilena merupakan jenis hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap tiga. Penggalan akhir dari senyawa Alkuna adalah -una. Rumus umumnya bisa kamu lihat sbb:

Hidrokarbon aromatik yang paling sederhana adalah Benzena (C6H6). Senyawa tersebut diperoleh dari degradasi kimiawi getah benzena, memiliki aroma yang dipancarkan dari pohon. Selain itu, ada juga toluena (C6H5CH3) yang berasal dari zat pada pohon Amerika Tengah dan biasa digunakan untuk wewangian. Kedua senyawa tersebut menghasilkan aroma meskipun tidak berbau harum. Sehingga, istilah aromatik diartikan sebagai senyawa yang diturunkan dari benzena. Ikatan yang mengandung cincin disebut benzenoid dan yang tidak mengandung cincin disebut non-benzenoid.

Senyawa hidrokarbon aromatik atau Arena mengandung cincin benzena. Selain benzena, contoh lain dari senyawa ini adalah toluena dan naftalena. Berikut ini merupakan contoh Arena.

Bisa kita lihat pada struktur tersebut bahwa masing-masingnya terdapat cincin benzena. Berarti Benzena, Toluena, dan Naftalena masuk ke dalam benzenoid.

Setelah kamu mengetahui pengertian dan jenisnya, sekarang giliran kamu mengetahui aplikasi hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh yang biasa kita temukan.

Sebagian besar sumber bahan bakar alami yang kamu gunakan ternyata berasal dari hidrokarbon lho, guys. Contohnya gas LPG, kerosin atau minyak tanah, solar, dan minyak pelumas. Kamu tentu tau kalau minyak bumi termasuk hasil dari penguraian bahan-bahan organik dari tumbuhan dan hewan (makhluk hidup) di darat dan di laut yang telah berlangsung selama berjuta-juta tahun. Di sinilah mikroorganisme pengurai berperan untuk mengubah senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana atau menjadi hidrokarbon. Akibat tekanan dan pengaruh suhu, maka terbentuklah minyak bumi.

Zat plastik yang kamu gunakan saat berbelanja atau menyimpan sesuai juga merupakan monomer rantai panjang petrokimia. Dimana petrokimia juga termasuk dalam hidrokarbon.

Aspal atau bahasa lainnya adalah bitumen, merupakan cairan kental berwarna hitam yang biasa digunakan untuk mengikat dan mengeraskan dalam pembangunan jalan. Aspal juga merupakan senyawa hidrokarbon dengan mengandung sedikit sulfur, oksigen, dan klor.

Lilin parafin adalah nama umum senyawa hidrokarbon alkana. Tadi kamu udah belajar tentang rumus umum alkana, ‘kan? Molekul parafin yang paling sederhana adalah CH4 atau metana.

Nah, demikian penjelasan mengenai senyawa hidrokarbon. Kamu udah paham belum? Bisa donk kamu menyebutkan contoh lain hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari? Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu ya, guys. Have a nice day!

Zenius mission's, "to spark the love of learning in everyone, everywhere, and to question everything. Yuk, mari kita kenalan dan berinteraksi lewat medsos di @mauliaghani.


KIMIA KELAS XI-HIDROKARBON ~ SMAN 1 SEKINCAU LAMPUNG BARAT

E-modul kimia Kelas XI: hidrokarbon - Repositori Institusi Kementerian

Abstract. Hidrokarbon terdiri atas hidrogen (H) dan karbon (C). Senyawa hidrokarbon adalah senyawa organik yang tersusun dari atomatom karbon dan hidrogen. Materi ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena ada begitu banyak bahan-bahan di alam yang tersusun dari hidrokarbon. Senyawa karbon banyak dijumpai sehari-hari. Hidrokarbon terdiri atas hidrogen (H) dan karbon (C). Senyawa hidrokarbon adalah senyawa organik yang tersusun dari atomatom karbon dan hidrogen. Materi ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena ada begitu banyak bahan-bahan di alam yang tersusun dari hidrokarbon. Senyawa karbon banyak dijumpai sehari-hari. Gula, kayu, pupuk, minyak, plastik dan nasi merupakan beberapa contoh dari senyawa karbon yang banyak kita jumpai. Sering kita lihat ibu rumah tangga memasak dengan menggunakan kompor gas. Para ibumenggunakan kompor gas karena selain lebih cepat dalam memasak, juga bahan bakar tersebut lebih bersih daripadamenggunakan kompor minyak


Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas 11 Kurikulum 2013 - Materi Kimia

Senyawa Hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang sederhana, tersusun atas unsur karbon dan hidrogen. Kekhasan atom karbon (C) Atom karbon mempunyai nomor atom 6, sehingga dalam sistem periodik terletak pada golongan IVA dan periode 2. Keadaan tersebut membuat atom karbon mempunyai beberapa keistimewaan sebagai berikut. Atom karbon mempunyai nomor atom 6, sehingga dalam sistem periodik terletak pada golongan IVA dan periode 2. Keadaan tersebut membuat atom karbon mempunyai beberapa keistimewaan sebagai berikut.

Berdasarkan konfigurasi keenam elektron yang dimiliki atom karbon didapatkan bahwa elektron valensi yang dimilikinya adalah 4. Untuk mencapai kestabilan, atom ini masih membutuhkan 4 elektron lagi dengan cara berikatan kovalen. Tidak ada unsur dari golongan lain yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dengan aturan oktet.

Ditinjau dari konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa atom karbon terletak pada periode 2, yang berarti atom ini mempunyai 2 kulit atom, sehingga jari-jari atomnya relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan kovalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.

Keadaan atom karbon yang demikian menyebabkan atom karbon dapat membentuk rantai karbon yang sangat panjang dengan ikatan kovalen, baik ikatan kovalen tunggal, rangkap 2, maupun rangkap 3. Selain itu dapat pula membentuk rantai lingkar (siklik).

Alkana (Parafin) adalah hidrokarbon yang rantai C nya hanya terdiri dari ikatan kovalen tunggal saja. sering disebut sebagai hidrokarbon jenuh, karena jumlah atom Hidrogen dalam tiap-tiap molekulnya maksimal. Memahami tata nama Alkana sangat vital, karena menjadi dasar penamaan senyawa-senyawa karbon lainnya.

Deret homolog adalah suatu golongan/kelompok senyawa karbon dengan rumus umum yang sama, mempunyai sifat yang mirip dan antar suku-suku berturutannya mempunyai beda CH2 atau dengan kata lain merupakan rantai terbuka tanpa cabang atau dengan cabang yang nomor cabangnya sama.

Tags: alkanaalkenaalkunaatom karbon primeratom karbon skunderatom karbon tersiercontoh senyawa hidrokarboncontoh soal hidrokarbonderet homologhidrokarbonhidrokarbon jenuhkekhasan atom karbonmacam macam senyawaminyak bumistruktur senyawasumber senyawa hidrokarbontata nama senyawa kimia


Senyawa Hidrokarbon #1 Kimia SMA Kelas 11 XI - YouTube

KIMIA KELAS XI MIPA, SENYAWA HIDROKARBON

Hari ini kita masuk materi kelas XI yaitu tentang senyawa hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon adalah senyawa-senyawa yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. kalian tentu pernah mengisi bahan bakar kendaraan bermotor bukan? apa bahan bakar kendaraan bermotor yang biasa kalian gunakan? premium, pertalite atau pertamax?. Assalamualaikum wr. wb.apa kabar anak-anakku kelas XI MIPA? semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Hari ini kita masuk materi kelas XI yaitu tentang senyawa hidrokarbon.

Senyawa hidrokarbon adalah senyawa-senyawa yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. kalian tentu pernah mengisi bahan bakar kendaraan bermotor bukan? apa bahan bakar kendaraan bermotor yang biasa kalian gunakan? premium, pertalite atau pertamax?. Kalian sudah tidak asing lagi dengan ketiga bahan bekar tersebut. bahan tersebut merupakan salah satu dari senyawa hidrokarbon. Contoh lain senyawa hidrokarbon adalah, gas LPG, minyak tanah, ketas, kayu, nasi, plastik, dan lain sebaginya.

Pertama unduh dulu LKPD yang saudah saya siapkan. Kemudian, bacalah LKPD dengan seksama. isilah titik-titik dana pertanyaan pada LKPD tersebut, dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang kalian punya, bisa buku KImia kelas XI, ayangan youtube, atau sumber lain yang relevan.

jika tidak bisa mencetak LKPD kalian bisa menuliskan materi pada LKPD mulai bagian peta konsep pada buku tulis kalian. lalu foto hasil pekerjaan kalian dan upload pada https://s.id/Trias_Istina_R


Modul pembelajaran kimia SMA Kelas XI: senyawa hidrokarbon - Repositori

Senyawa hidrokarbon merupakan bagian dari senyawa karbon, yaitu senyawa karbon yang hanya mengandung atom karbon dan hidrogen. Pada modul ini akan dibahas kekhasan atom karbon, senyawa hidrokarbon jenuh (alkana), senyawa hidrokarbon tak jenuh (alkena dan alkuna), reaksi-reaksi senyawa karbon, dan isomer. Senyawa hidrokarbon merupakan bagian dari senyawa karbon, yaitu senyawa karbon yang hanya mengandung atom karbon dan hidrogen. Pada modul ini akan dibahas kekhasan atom karbon, senyawa hidrokarbon jenuh (alkana), senyawa hidrokarbon tak jenuh (alkena dan alkuna), reaksi-reaksi senyawa karbon, dan isomer. Kekhasan atom karbon yaitu memiliki empat elektron valensi sehingga dapat membentuk empat ikatan kovalen dengan atom karbon maupun atom lainnya menyebabkan senyawa karbon banyak jumlahnya di alam.


Senyawa Hidrokarbon Part 1 - Kimia SMA Kelas XI - YouTube

Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas 11 PPT-Download - Materi Kimia

Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas 11 PPT-Download. Kelas XI / PPT; 26 Mei 2020; 0 Semua orang hidup terikat dan bergantung pada pengetahuan atau persepsinya sendiri, itulah kenyataan. Tetapi pengetahuan atau persepsi itu adalah sesuatu yang samar. Bisa saja kenyataan itu hanya ilusi, semua orang hidup dalam asumsi.


RPP Kimia Senyawa Hidrokarbon Kelas XI | MATERI EKONOMI

1. Mengidentifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon 2. Menjelaskan kekhasan atom karbon 3. Menentukan atom C primer, sekunder, tersier, kuartener 4. Menggolongkan senyawa hidrokarbon ke dalam hidrokarbon alifatik jenuh, alifatik tak jenuh, siklik jenuh, siklik tak jenuh, dan aromatik 5. Memberi nama struktur Alkana, Alkena, Alkuna 6. Nama Sekolah : SMA Negeri BandungMata Pelajaran : KimiaKelas/Semester : XI/GanjilMateri pokok : Senyawa hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O), Kekhasan atom karbon, Atom C primer, sekunder, tersier, kuartener, Struktur Alkana, Alkena, Alkuna, Isomer, Sifat-sifat fisik alkana, alkena, alkuna, Reaksi senyawa hidrokarbon.Alokasi Waktu : 2 x 3 JP ( 6 x 45 menit )

A. Kompetensi Inti SMA kelas XI1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3 . Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasardan Indikator1.1 Menyadariadanyaketeraturandarisifathidrokarbon, termokimia, lajureaksi, kesetimbangankimia, larutandankoloidsebagaiwujudkebesaranTuhan YME danpengetahuantentangadanyaketeraturantersebutsebagaihasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannyabersifattentatif.1.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahamankekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.3.1.1 . Mengidentifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon3.1.2. Menjelaskan kekhasan atom karbon3.1.3. Menentukan atom C primer, sekunder, tersier, kuartener3.1.4. Menggolongkan senyawa hidrokarbon ke dalam hidrokarbon alifatik jenuh, alifatik tak jenuh, siklik jenuh, siklik tak jenuh, dan aromatik3.1.5. Memberi namastruktur Alkana, Alkena, Alkuna3.1.5. Menentukan isomer senyawa alkana, alkena, dan alkuna3.1.6. Menganalisissifat-sifat fisik alkana, alkena, alkuna3.1.7. Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon.4.1 Mengolahdanmenganalisisstrukturdansifatsenyawahidrokarbonberdasarkan pemahamankekhasan atom karbondanpenggolongansenyawanya.4.1.1 Merancangpercobaan identifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon4.1.2 Menyajikanhasil pengamatan identifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon

C. Tujuan PembelajaranSetelah proses mengekplorasi fakta , bereksperimen, dan mendiskusikan kasus/permasalahandalam kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :1. Mengidentifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon2. Menjelaskan kekhasan atom karbon3. Menentukan atom C primer, sekunder, tersier, kuartener4. Menggolongkan senyawa hidrokarbon ke dalam hidrokarbon alifatik jenuh, alifatik tak jenuh, siklik jenuh, siklik tak jenuh, dan aromatik5. Memberi nama struktur Alkana, Alkena, Alkuna6. Menentukan isomer senyawa alkana, alkena, dan alkuna7. Menganalisis sifat-sifat fisik alkana, alkena, alkuna8. Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon.9. Merancang percobaan identifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon10. Menyajikan hasil pengamatan identifikasi atom C, H, dan O dalam senyawa hidrokarbon11. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.12. Menyadariadanyaketeraturandarisifathidrokarbon, termokimia, lajureaksi, kesetimbangankimia, larutandankoloidsebagaiwujudkebesaranTuhan YME danpengetahuantentangadanyaketeraturantersebutsebagaihasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannyabersifattentatif.

2. Materi konsep :Menguji Keberadaan Unsur C, H, dan O dalam Senyawa KarbonKeunikan Atom KarbonAtom C Primer, Sekunder, Tersier, dan KuartenerPenggolongan Senyawa Hidrokarbon :Tata Nama AlkanaTata Nama AlkenaTata Nama AlkunaIsomerSifat dan Reaksi AlkanaSifat-sifat dan Reaksi AlkenaSifat-sifat dan Reaksi Alkuna3. Materi pokokSenyawa hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O), Kekhasan atom karbon, Atom Cprimer, sekunder, tersier, kuartener, Struktur Alkana, Alkena, Alkuna, Isomer, Sifat-sifat fisik alkana, alkena, alkuna, Reaksi senyawa hidrokarbon.

4. Materi prosedur• Identifikasi atom C, H, dan O• Kekhasan atom karbon• Atom C primer, sekunder, tersier, kuartener• Penggolongan senyawa hidrokarbon• Struktur dan tata nama alkana, alkena, alkuna• Isomer struktur (kerangka dan posisi)• Isomer ruang (geometri)• Sifat-sifat fisik alkana, alkena, alkuna• Reaksi senyawa hidrokarbon

E. Metode Pembelajaran 1.Pertemuan 1 : Eksperimen , diskusi , kaji pustaka 2.Pertemuan 2 : Diskusi ,tanya jawab 3. Pertemuan 3 :Diskusi, kaji pustaka

F.Kegiatan PembelajaranPertemuan 1Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi WaktuPendahuluan Fase Menyampaikan tujuan dan memotivasi1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar para siswa2. Guru memperlihatkan contoh senyawa-senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari (contoh : gula, kayu)3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 menitInti Fase mengamati

1. Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 6 atau 7 orang dengan tingkat kemampuan yang heterogen2. Guru menjelaskan prosedur praktikum3. Siswa melakukan eksperimen identifikasi atom C, H, dan O pada senyawa hidrokarbon4. Siswa mengamati hasil eksperimen yang mereka lakukan

1. Siswa menuliskan pertanyaan –pertanyaan dari hasil pengamatanya dalam bentuk catatan kecil.2. Antar siswa dalam kelompoknya saling bertanya tentang penemuannya3. Siswa bertanya kepada guru apabila ada hal tidak dipahami tentang penemuannya dalam fase pengamatan.4. Siswa menggali informasi tentang senyawa hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O), Kekhasan atom karbon, Atom Cprimer, sekunder, tersier, kuartener, penggolongan hidrokarbon.

Fase mengeksplorasi1. Masing – masing kelompok berpikir atau menghubungkan antara fakta dari hasil pengamatan dengan konsep yang ditemukan dari hasil menggali informasi dari internet, buku, maupun guru.

1. Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan senyawa hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O), Kekhasan atom karbon, Atom C primer, sekunder, tersier, kuarteneryang diperoleh masing-masing kelompok pada fase sebelumnya (selama diskusi berlangsung guru berkeliling memantau kerja dari tiap-tiap kelompok) 155 menitPenutup 1. Guru dan siswa bersama – sama membuat kesimpulan hasil pembelajaran.1. Guru memberikan PR untuk membuat laporan praktikum tentang identifikasi atom C, H, dan O pada senyawa hidrokarbon.2. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang3. Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat. 15 menit

G.Alat / Media / Sumber Pembelajaran1 Buku Kimia 20132 Lembar penilaian3 LCD , laptop4 Internet5 Prosedur praktikum6 Alat dan bahan praktikumTabung reaksi, Erlenmeyer, pipa atau selang penghubung, statif, penyumbat gabus, spatula, pembakar spiritus, gula pasir, air kapur, bubuk CuO, dan kertas kobalt

H.Penilaian Hasil Belajar1. Teknik Penilaian : Pengamatan, tes tertulis2. Prosedur Penilaian :No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian1. Sikapa. Terlibat aktif dalam praktikum identifikasi atom C, H, dan Ob. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.c. Toleran terhadap perbedaan pendapat Pengamatan Selama praktikum dan saat diskusi2. PengetahuanMendiskripsikan berbagaimasalahsenyawa hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O), Kekhasan atom karbon, Atom Cprimer, sekunder, tersier, kuartener, penggolongan hidrokarbon.Pengamatan dan tes tertulis• Selama proses diskusi kelompok dan presentasi• Setelah pelaksanaan diskusi3. Keterampilana. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan hakikat ilmu kimia dan langkah – langkah metode ilmiah .PengamatanPenyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

I. Instrumen Penilaian Hasil BelajarTugas• Membuat laporan praktikum tentang identifikasi atom C,H, dan O pada senyawa hidrokarbon.Observasi• Sikap ilmiah saat praktikum, diskusi, dan presentasi dengan lembar pengamatan

Hasil percobaan menunjukkan kertas kobalt biru yang ditempelkan pada cairan didinding tabung reaksi berubah warna menjadi merah muda. Hal ini menunjukkan bahwa cairan tersebut adalah … dan atom yang dapat diidentifikasi adalah …. Sedangkan warna air kapur yang berubah menjadi kapur menunjukkan adanya atom …2. Tuliskan sifat-sifat khas atom karbon!3. Tandai dan tentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier, dan kuartener pada senyawa berikut! H CH3 OH │ │ │CH3–CH2– C –CH2–C–CH2 – C–CH3│ │ │CH2= CH CH3 CH3

4. Golongkan senyawa hidrokarbon berikut ke dalam senyawa hidrokarbon alifatik jenuh/ tak jenuh, hidrokarbon siklik jenuh/ tak jenuh│ │ │ │A. —C— C—C—C— │ │ │ │ —C— │

│ │B. —C — C ═ C—C— │ │ │ │ —C— —C— │ │

│ │C. —C ═ C │ │ —C—C— │ │

│ —C— │ │D. —C —C— │ │ —C—C—│ │Kunci Soal

2. a. atom karbon dapat membentuk empat ikatan kovalenb. atom karbon dapat membentuk rantai karbonc. mempunyai empat elektron valensid. dapat membentuk ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga Skor 103.H CH3 OH │ │ │CH3–CH2– C –CH2–C–CH2 – C–CH3│ │ │CH2= CH CH3 CH3

Atom C primer = 6, sekunder = 4, tersier = 2, kuartener = 14. A. alifatik jenuhB. Alifatik tak jenuhC. Siklik tak jenuhD. Siklik jenuh

Mengetahui , Bandung Agustus 2014Kepala SMA Negeri Bandung

Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung jawab,peduli,responsif, dansantun1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsistenBubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.No Nama Siswa Religius Tanggug jawab Peduli Responsif Santun BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK1.2.3.4.5.…

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASIMata Pelajaran : KIMIAKelas/Program : XI/M-IPAKompetensi : ……………No Nama Siswa Observasi Kinerja Presentasi JmlSkor Kejujuran Disiplin Tanggung Jawab peduli Kerja sama juml Presentasi Visual Isi (1 (2 (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)1. 4 4 4 4 3 24 4 3 3 102.3.4.5.6.7.8.9.10.11.Keterangan pengisian skor4. Sangat tinggi3. Tinggi2. Cukup tinggi1. Kurang

 INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 21. Jujura. Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnyab. Tidak menutupi kesalahan yang terjadi2. Disiplina. Selalu hadir di kelas tepat waktub. Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktuc. Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok3. Tanggung jawaba. Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguhb. Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalahc. Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnyad. Partisipasi dalam kelompok

4. Pedulia. Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkanb. Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalahc. Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnyad. Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya5. Kerja samaa. Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguhb. Menunjukkan sikap bersahabatc. Berusaha menemukan solusi permasalahan secara bersama dlm kelompoknyad. Menghargai pendapat lain

PEDOMAN PENILAIAN:a. Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.b. Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.

• Laporan praktikumMenyajikan laporan hasil percobaan tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit.

No. Kriteria Predikat1. Sesuai tujuan Baik jika 3 terpenuhi (8) – 80Sedang jika 2 terpenuhi (7) -70Kurang jika 1 terpenuhi (6) -60Tdk ada (5)-502. Sesuai dengan data3. Benar/sesuai teori

Posted by Yan Astoria on December 1, 2014 in RPP dan Administrasi, RPP Kimia and tagged Contoh RPP Kimia Senyawa Hidrokarbon, Contoh RPP Kimia Senyawa Hidrokarbon Kelas XI, RPP Kimia Kelas XI, RPP Kimia Senyawa Hidrokarbon, RPP Senyawa Hidrokarbon.


Senyawa Hidrokarbon #2 Alkana Kimia SMA Kelas 11 XI (Cek

Senyawa Hidrokarbon (materi kimia) - SlideShare

Materi Kimia kelas XI MIA tentang HIDROKARBON Slideshare uses cookies to improve functionality and performance, and to provide you with relevant advertising. If you continue browsing the site, you agree to the use of cookies on this website.

Materi Hidrokarbon Kelas 11, Lengkap! - Clear Indonesia News

Alkana adalah hidrokarbon jenuh dan semua rantai C merupakan rantai tunggal. Tata cara penamaan alkana adalah: Jika rantai tidak bercabang diberi awalan “n-“ Jika rantai bercabang, jadikan rantai terpanjang sebagai rantai utama dan cabangnya adalah yang lebih pendek; Kenali cabang, lalu sebutkan jumlahnya KIMIA KELAS XI, Penggolongan Senyawa hidrokarbon - YouTube

Bab. 1 Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi – Chemistry Learning~Natia

A. Peta Konsep Hidrokarbon. B. Pengertian Hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang terdiri atas hidrogen dan karbon. Pembakaran sempurna hidrokarbon menghasilkan uap air (H 2 O) dan karbon dioksida (CO 2). Pembakaran tidak sempurna hidrokarbon menghasilkan uap air (H 2 O), karbon dioksida (CO 2), dan karbon monoksida (CO). Senyawa hidrokarbon dapat mempunyai ikatan tunggal, rangkap, dan rangkap tiga.

senyawa hidrokarbon kimia kelas xi

KIMIA KELAS XI-HIDROKARBON ~ SMAN 1 SEKINCAU LAMPUNG BARAT

Senyawa Hidrokarbon #1 Kimia SMA Kelas 11 XI - YouTube

Senyawa Hidrokarbon Part 1 - Kimia SMA Kelas XI - YouTube

Senyawa Hidrokarbon #2 Alkana Kimia SMA Kelas 11 XI (Cek

KIMIA KELAS XI, Penggolongan Senyawa hidrokarbon - YouTube


Posting Komentar untuk "Senyawa Hidrokarbon Kimia Kelas Xi !!"